Peringatan Hari Kartini

Pada tanggal 21 April kita akan memperingati Hari Kartini. Kartini adalah salah satu pahlawan emansipasi wanita Indonesia. Beliau lahir pada tanggal 21 April 1879 dan berasal dari keluarga priyayi yang terhormat. Beliau merasakan kegelisahan hidup yang tidak mengakomodasi cita-cita dan harapannya sebagai seorang wanita, baik itu dari segi pendidikan, kebebasan bersuara dan berpendapat sebagaimana lazimnya kaum lelaki.



Perjuangannya melawan kungkungan dengan berbagai cara hingga menerbitkan tulisan-tulisan yang terangkum dalam sebuah judul inspiratif: Habis Gelap, Terbitlah Terang. 



Saat ini, inspirasi Kartini telah menjadi gagasan yang besar dan menempati tempat penting dalam setiap program dan kebijakan. Kehadiran wanita dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara mampu memberi warna dan teladan bagaimana sesungguhnya menjalani kehidupan di berbagai bidang. Meski di usia yang cukup belia, Kartini mampu menginspirasi generasi demi generasi.



Dalam kesempatan kali ini SD Wonosari IV memperingati Hari Kartini dengan cara anak-anak memakai pakaian adat. Anak-anak juga melaksanakan upacara bendera dengan petugas ibu-ibu guru beserta siswa. Setelah upacara anak-anak melaksanakan lomba dimas diajeng, bungkus kado. Selain melaksanakan lomba tersebut anak-anak membawa kado silang yang berupa makanan.





Kami berharap seluruh masyarakat mengambil hikmah dari Perjuangan Kartini. Harkat dan Martabat kaum perempuan harus terus diperjuangkan sebagai bagian dari perjuangan kemanusiaan. Dan juga dengan semangat RA Kartini kita wujudkan generasi berprestasi dan mandiri.


Kegiatan

Berita

Pengunjung

Flag Counter

Copyright © 2019 Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Gunungkidul